Template by:
Free Blog Templates

Thursday, February 25, 2010

BATIK "KARANG" TUBAN

Batik merupakan hasil karya budaya leluhur yang mengandung nilai keindahan yang terus berkembang. Dalam perkembangannya batik Tuban tumbuh dalam keanekaragaman corak sesuai dengan ciri khas Tuban.
Batik Tuban mendapat perhatian khusus dari berbagai elemen masyarakat kerena batik Tuban mempunyai ciri khas tersendiri yakni diproses dengan cara tradisional (dengan cara tulis) dan oramen serta lambang yang merupakan ciri khas Tuban. Batik tulis Tuban mampu bertahan dan berkembang ditengah persaingan industri batik yang menggunakan peralatan canggih.
Photobucket
Batik Tuban dibuat dengan tetesan warna alam serta pewarna zat kimia sehingga batik Tuban mampu mampu memasarkan produknya mulai dari daerah-daerah hingga ke mancanegara. Sebelum batik Tulis menjadi primadona, Tuban sudah membuat batik tenun gedhok. Batik ini menggunakan kapas alam, sehingga dalam proses pembuatannaya menggunakan alat yang sangat sederhana dan unik. Kerena alat tersebut berbunyi dhok...dhok...sehingga disebut dengan batik tenun gedhok.
Namun dengan perubahan zaman kerajinan tenun gedhok tersebut mulai jarang ada. Mengingat karya batik memiliki nilai seni dan ekonomis, maka dalam pengembangannya diambil langkah strategis, sehingga nilai seni yang terkandung di dalamnya tetap lestari sehingga muncullah batik tulis.
Dengan semakin maraknya pertumbuhan serta perkembangan batik yang ada, batik tulis Emmy bertekad selalu untuk membuat produk yang bermutu sehingga batik tulis mampu untuk bertahan terus.
Batik tulis Bu Emmy berawal dari usaha kecil yang didirikan pada tanggal 24 Januari 1984 dan hanya memiliki tenaga kerja yang sedikit serta kuantitas produksi yang sedikit pula. Karena jumlah produksi yang terbatas maka batik tulis Emmy tidak mampu untuk memenuhi permintaan pasar. Sehingga pihak pengelola mengambil keputusan untuk menambah dan mengembangkan fasilitas produksi.
Karena perusahaan mulai tidak bisa mengatasi jumlah permintaan, maka perusahaan merekrut tenaga kerja yang semakin besar, sehingga terbentuklah Batik Tulis Emmy. Batik Tulis Emmy menggalang kerjasama dengan masyarakat dari berbagai kelompok, mereka adalah pembina dari pemerintahan serta BUMN.


LOKASI/ALAMAT BATIK EMMY


Terletak di Jalan Mojopahit No. 74-B Karang – Kec. Semanding Kab. Tuban Prov. Jawa Timur Telp (0356) 328231
HASIL PRODUKSI
 Kain batik katun
 Kain batik sutra
DAERAH PEMASARAN
Batik ini dipasarkan di daerah Tuban dan sekitarnya, Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, bahkan sampi ke luar negeri.

JUMLAH TENAGA KERJA

Memiliki tenaga kerja 40 orang

OMSET HASIL PRODUKSI

 Kain katun dengan ukuran 2 Meter bisa diproduksi 200-300 potong/bulan
 Kain sutra dengan ukuran 2 Meter bisa diproduksi 25-30 potong/bulan.

2 comments:

yuni said...

Salam Kenal
Boleh tanya cara menampilkan tulisan yang harus mencantumkan nama pengunjung blog ini??? bisa bantu ajarin g?? aku ingin menambahkan hal serupa di webku. Tolong ya di balas di emailku yuni_purwati@yahoo.co.id. Terimakasih sebelumnya.

Hisyam Coempon's said...

Tulisan nama pengunjung yang mana ya....

Post a Comment